Cara Alami Mengatasi Radang Tenggorokan | Herbal Wikipedia
Home » , » Cara Alami Mengatasi Radang Tenggorokan

Cara Alami Mengatasi Radang Tenggorokan

Setiap orang pasti pernah mengalami sakit radang tenggorokan. Rasanya pastilah sangat tidak nyaman, betul? Bahkan bisa jadi sangat menyiksa anda, sebab ketika anda hendak menelan sesuatu, rasanya perih banget. Sehingga sangat tidak nyaman ketika anda harus makan dengan kondisi sedang mengalami radang tenggorokan.
radang tenggorokan, sakit tenggorokan, obat alami radang tenggorokan, atasi radang tenggorokan, obat alami radang tenggorokan, lidah buaya obat radang tenggorokan

Tahukah anda bahwa penyebab terjadinya radang tenggorokan adalah virus? Bukan bakteri. Jadi jelas bahwa penyakit ini tidak bisa hanya anda atasi dengan menggunakan antibiotik saja. Walaupun ketika anda diamkan, selang beberapa hari mungkkn akan sembuh dengan sendirinya. Namun bagi anda yang ingin mengalami radang tenggorokan selama berhari-hari, maka anda harus segera mengobatinya.

Untuk mengobati radang tenggorokan ini, anda tidak perlu menggunakan obat kimia, sebab ada cara alami mengatasi radang tenggorokan yang tentunya lebih aman dan juga tanpa efek samping jangka panjang. Sebelum kita berbicara lebih lanjut terkait cara alami mengatasi radang tenggorokan, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan ketika anda terserang radang tenggorokan, diantaranya adalah:
  1. Beristirahat yang cukup disertai dengan banyak minum cairan
  2. Berkumur menggunakan air hangat yang sudah dicampur dengan garam dengan ukuran 1 sdt garam untuk 1 gelas air
  3. Menghisap pastiles
  4. Menghisap makanan beku misalnya es loli

Cara Alami Mengurangi Rasa Sakit Akibat Radang Tenggorokan

Rasa sakit yang diakibatkan oleh radang tenggorokan, bisa anda atasi dengan mengkompres menggunakan kain yang sudah direndam dengan air hangat. Selain itu, anda juga bisa menggunakan campuran hangat dari chomaline, cara membuatnya adalah dengan mencampurkan 1 sdm bunga chomaline yang sudah kering ke dalam satu atau dua gelas air yang telah mendidih, lalu diamkan sekitar 5 menit. Kemudian masukkan ke dalam teh tersebut handuk kering yang bersih, lalu diperas airnya, dan kemudian letakkan pada tenggorokan. Ulangi sampai tenggorokan anda lebih baik.

Plester garam juga bisa anda gunakan untuk membantu mengurangi rasa sakit akibat radang tenggorokan. Dua cangkir garam laut campurkan ke dalam 5-6 sdm air hangat kuku. Garam tidak perlu terlalu basah, cukup lembab saja. Kemuidan letakkan garam tersebut di tengah lap piring, kemudian digulung dan ditutupkan pada daerah sekitar leher. Biarkan saja sampai leher anda terasa lebih nyaman.


Menghisap uap juga bisa menjadi terapi untuk mengurangi sakit akibat radang tenggorokan. Alirkanlah air yang panas ke tempat dimana anda berendam, setelah itu letakkan handuk di sekitar kepala anda dengan tujuan untuk menghambat uap. Kemuidan bersandarlah pada tempat berendam dan air panas tetap dialirkan. Tariklah napas dalam-dalam lewat mulut serta hidung anda sekitar 5-10 menit. Anda bisa mengulangi gerakan ini beberapa kali dalam sehari.

Obat Alami Radang Tenggorokan

Herbal alami untuk mengatasi radang tenggorokan bisa anda dapatkan dari tanaman yang ada di sekitar rumah anda. Salah satunya adalah tanaman lidah buaya. Anda bisa menggunakan daging lidah buaya sebagai obat herbal untuk mengatasi radang tenggorokan. Cara membuatnya adalah dengan mengambil daging lidah buaya sebanyak 90 gram, perasan air jeruk lemon sebanyak ½ buah, serta tambahkan madu secukupnya. Kemuidan cuci daging lidah buaya tersebut dan blender kemuidan dipanaskan sampai mendidih. Setelah menjadi hangat anda bisa menambahkan perasan air jeruk dan madu, kemudian diaduk hingga rata. Minumlah ramuan ini 3x dalam sehari.

Selain lidah buaya, anda juga bisa menggunakan daun sambiloto 5 gram ditambah dengan 5 gram daun sirih. Kemudian cucilah sampai bersih dan direbus bersama dengan 2 gelas air sampai hanya tersisa 1 gelas saja, setelah itu bisa anda saring. Gunakan air saringan ini untuk berkumur dalam jangka beberapa jam sekali, kemuidan ditelan.

Itulah beberapa cara alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi radang tenggorokan dengan cara yang simpel dan mudah. Anda juga bisa membaca artikel lain terkait cara paling mudah untuk mencegah kerusakan gigi.

2 komentar:

  1. artikelnya sangat bermanfaat sekali, di tunggu artikel yang lainnya

    BalasHapus
  2. Great article, Thanks for your great information, the content is quiet interesting. I will be waiting for your next post.

    BalasHapus