Resep Sehat dari Manfaat Jahe Merah | Herbal Wikipedia
Home » » Resep Sehat dari Manfaat Jahe Merah

Resep Sehat dari Manfaat Jahe Merah

Tahukah anda khasiat jahe merah untuk kesehatan? Ternyata khasiatnya sangatlah banyak sekali. Walaupun ukuran rimpang jahe merah ini adalah paling kecil dibandingkan dengan jahe yang lain, namun siapa sangka bahwa kandungan minyak atsiri jahe merah adalah yang paling banyak dan juga memiliki rasa yang paling pedas. Sehingga tak heran ketika manfaat jahe merah ini sangatlah luar biasa untuk kesehatan manusia. Bahkan sudah banyak jahe merah yang diproduksi dalam bentuk kapsul untuk memudahkan anda dalam mengkonsumsinya.

Khasiat jahe merah, manfaat jahe merah, resep jahe merah, herbal jahe merah, herbal sehat, khasiat jahe merah kesehatan, manfaat jahe merah kesehatan

Manfaat jahe merah memang sudah dikenal oleh orang-orang zaman dahulu, sehingga jahe merah ini sering digunakan sebagai obat tradisional, seperti untuk penyakit lambung, masalah pencernaan, menghangatkan badan, sampai untuk memperbaiki dari fungsi limpa.

Jahe Merah dan Penderita Maag

Walaupun manfaat jahe merah ini sangatlah banyak, namun anda tidak bisa mengkonsumsi jahe merah ketika anda sedang menderita penyakit maag. Maka dari itu anda perlu berhati-hati. Mengapa penderita penyakit maag tidak boleh mengkonsumsi jahe merah? Sebab jahe merah memiliki kandungan gingerol yang berefek membuat lambung anda menjadi lebih panas. Sehingga jahe merah akan menambah parah sakit maag yang sedang anda rasakan.

Resep Sehat dari Manfaat Jahe Merah

Untuk memaksimalkan menfaat dari jahe merah ini, ada beberapa macam resep yang bisa anda gunakan untuk mengatasi berbagai penyakit yang seringkali anda alami dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa resep jahe merah itu adalah sebaagi berikut:
  • Jahe merah sebagai obat batuk. Sediaknlah 3 buah rimpang jahe yang berukuran ibu jari, kemuidan dicuci sampai bersih. Setelah itu rebuslah dalam 2 gelas air bersih hingga mendidih dan yang tersisa 1 gelas. Anda bisa meminum air rebusan jahe ini dua kali sehari. Namun apabila anda menderita batuk berdahak atau batuk kering, maka resep sehat jahe merahnya agak sedikit berbeda, silakan anda baca tulisan saya resep sehat batuk berdahak danbatuk kering dengan jahe merah.
  • Jahe merah sebagai obat pegal linu. Anda bisa membuat resep sehat ini dengan 2 buah rimpang jahe merah ukuran ibu jari serta 2 gelas susu. Sebelumnya cuci rimpang terlebih dahulu kemuidan dibakar, lalu dikuliti. Setelah itu rimpang tersebut dimemarkan dan rebus dengan campuran air susu. Anda bisa meminum ramuan ini dua kali sehari.
  • Jahe merah sebagi obat sakit kepala. Untuk obat kepala, anda bisa menyediakan 3 buah rimpang jahe merah, lalu cucilah dengan bersih dan dimemarkan. Setelah itu campurlah dengan sedikit gula aren atau madu, lalu diseduh dengan 1 gelas air. Anda bisa meminumnya dua kali sehari.


Sebenarnya masih banyak resep sehat dari manfaat jahe merah yang masih bisa saya bagikan. Mungkin bisa disambung di postingan selanjutnya. Semoga manfaat dan khasiat jahe merah ini bisa anda gunakan dengan sebaik-sebaiknya, sehingga anda bisa hidup sehat tanpa harus mengkonsusmsi obat berbahan kimia. 

0 komentar:

Posting Komentar