Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan | Herbal Wikipedia
Home » » Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Jahe adalah salah satu tanaman tradisional yang seringkali dipakai untuk pengobatan herbal. Dari berbagi macam jenis jahe yang ada, maka jahe merah adalah jahe yang palin dicari oleh banyak orang, sehingga jahe merah ini menjadi primadona dalam hal pengobatan herbal. Sejak zaman dahulu, jahe merah sudah dikonsumsi oleh masyarakat, baik sebagai obat atau hanya sebagai suplement tambahan saja.
manfaat jahe merah, jahe merah, kesehatan, asam urat, jahe merah asam urat, khasiat jahe merah


Setelah diteliti lebih medalam ternyata manfaat jahe merah untuk kesehatan sangatlah banyak. Walau jahe merah ini terbilang sangat mungil, namun khasiat jahe merah ini sangat besar. Jahe merah ini memiliki kandungan minyak atsiri tertinggi apabila dibandingkan dengan kandungan jenis jahe yang lain. Sehingga selain berfungsi sebagai bumbu tambahan dalam setiap masakan, jahe merah juga memiliki fungsi sebagai obat.

Di dalam daftar obat tradisional, manfaat jahe merah untuk kesehatan antara lain adalah untuk merangsang kelenjar pencernaan, sehingga menkonsumsi jahe merah akan menyebabkan nafsu makan anda bertambah, memperkuat jaringan lambung, dan juga berperan dalam perbaikan pencernaan. Hal ini disebabkan karena selaput lendir yang berada di dalam perut besar anda dan juga usus menjadi terangsang dengan adanya kandungan minyak atsiri dalam rimpang jahe merah tersebut.

Namun bukan hanya itu, manfaat jahe merah untuk kesehatan juga bisa anda gunakan untuk obat penyakit rematik. Dan ternyata manfaat jahe merah untuk rematik ini bisa anda buat sendiri dengan cara yang lebih mudah. Untuk mengtasai rematik, anda bisa menggunakan berbagai  jenis ramuan jahe merah yang ada. Manfaat jahe merah untuk rematik, bisa anda dapatkan dengan ramuan sederhana berikut ini:  
Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat ramuan jahe merah adalah dengan menyiapkan beberapa bahan yaitu; 20 gram jahe merah yang masih segar, 20 gram temulawak, 20 gram cabai jawa, 30 gram kumis kucing, 30 gram daun komfrey, dan 4 gelas air minum.

Cara membuatnya juga cukup mudah, anda hanya perlu mencuci hingga bersih semua bahan yang ada. Setelah itu anda iris dengan tipis, kemudian rebuslah sampai air rebusan itu hanya menyisakan sekiatr 2 gelas. Setekah selesai saringlah air rebusan jahe tersebut.

Akan lebih baik jika anda mengkonsumsi air rebusan jahe tadi secara rutin sebanyak 2x setiap hari di waktu pagi dan sore hari. Dalam sekali minum juga jangan terlalu banyak, cukup 1 gelas saja. Dan jika anda tidak tahan dengan rasa pahit dan pedas yang ia bawa, maka anda menambahkan madu sebanyak 2 sendok makan dan juga perasan jeruk nipis, agar minuman anda tersebut lebih segar. 

0 komentar:

Poskan Komentar