Apa Saja Sih Khasiat Kunyit untuk Kesehatan? | Herbal Wikipedia
Home » » Apa Saja Sih Khasiat Kunyit untuk Kesehatan?

Apa Saja Sih Khasiat Kunyit untuk Kesehatan?

khasiat kunyit, manfaat kunyit, khasiat kunir, manfaat kunir, khasiat kunyit untuk kesehatan, khasiat kunir untuk kesehatan, kunyit herbal, kunir herbal, minuman herbal kunir, minuman herbal kunyit, wedang herbal kunyit, wedang herbal kunir, rahasia herbal indonesia
Siapa yang tidak kenal dengan kunyit? Atau kalau orang jawa sering menyebutnya dengan kunir. Tanaman rempah yang mempunyai nama latin Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val. ini adalah tanaman rempah-rempah asli yang berasal dari Asia Tenggara, yang kemudian mengalami persebaran ke Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Orang-orang Indonesia, terutama ibu-ibu sering sekali menggunakan kunir atau kunyit ini untuk memasak. Padahal sebenarnya khasiat kunyit untuk kesehatan juga lumayan banyak, bahkan sangat banyak.

Khasiat kunyit untuk kesehatan yang sangat banyak itu karena memang kunir atau kunyit mengandung beberapa bahan senyawa yang berkhasiat layaknya obat diantaranya adalah kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin sebanyak 10% dan bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5% dan zat-zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri yang terdiri dari Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren , sabinen , borneol dan sineil. Kunyit atau kunir juga mengandung Lemak sebanyak 1 -3%, Karbohidrat sebanyak 3%, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, dan garam-garam mineral, yaitu zat besi, fosfor, dan kalsium.

Nah.. lalu setelah kita mengetahui kandungan dari kunyit atau kunir, saatnya kita melihat khasiat kunyit untuk kesehatan yang akan saya sebutkan di bawah ini:
  1. Kunyit atau kunir bermanfaat untuk antioksidan dan juga pencegahan peradangan
  2. Kunyit atau kunir juga bermanfaat sebagai pencegahan tumor serta mencegah penyebarannya secara sifnifikan
  3. Kunyit atau kunir juga bisa berfungsi untuk mengobati pencernaan anda yang bermasalah, seprti diare, sembelit, maag, dll.
  4. Kunyit atau kunir juga bisa untuk membantu mempercepat penyembuhan pada kulit yang terkena luka, seperti luka bakar dan luka sayat.
  5. Kunyit atau kunir juga bermanfaat untuk membantu penyembuhan gatal-gatal pada kulit

Ternyata, banyak juga manfaat kunyit untuk kesehatan kita. Jadi mulai sekarang, anda tidak perlu lagi pergi ke dokter atau konsumsi obat-obatan kimia. Anda cukup konsumsi kunir atau kunyit saja setiap hari, saya jamin anda akan lebih sehat. Anda bisa mencampurkan dalam masakan, bisa anda ekstrak dalam bentuk bubuk lalu jadikan minuman herbal, dll.

Sekian dulu ya.. Itulah khasiat kunyit untuk kesehatan yang bisa kita jadikan referensi untuk mencari obat herbal alami, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar