Apa Sih Penyebab Batuk? | Herbal Wikipedia
Home » » Apa Sih Penyebab Batuk?

Apa Sih Penyebab Batuk?

penyebab batuk, batuk, herbal batuk, obat batuk, herbal wiki
Pernahkah kamu bertanya, Kenapa anda bisa batuk? Sebuah pertanyaan sepele, namun belum tentu semua orang bisa menjawabnya, mungkin termasuk anda. Padahal hampir setiap orang pernah mengalami yang namanya batuk, entah itu karena sakit atau karena pengaruh debu. Sebenarnya batuk ini adalah bagain dari proses alamiah yang dialami oleh manusia. Batuk juga merupakan bagian dari bentuk pertahanan tubuh manusia. Penyebab batuk pun beragam, dan semua itu ada kaitan yang sangat erat dengan sistem pernapasan kita.

Selain itu, batuk ini juga mempunyai tingkat keparahan yang berbeda dari masing-masing jenis batuk, mulai dari batuk yang paling ringan hingga batuk yang paling berat yang biasanya sering dibarengi dengan keluarnya darah saat batuk. Penyebab masing-masing batuk pun berbeda satu sama lain. Dan batuk itu bukanlah sesuatu hal yang sederhana. Bahkan apabila tidak segera ditangani bisa bertambah parah dan tentunya juga akan sangat mengganggu aktifitas keseharian anda.

Bebrapa hal yang menjadi penyebab batuk adalah sebagai berikut:

  • Terjadi tetesan pada hidung bagian belakang

Hal ini bisa terjadi disebabkan karena alergi dan juga sinusitis. Mukus yang menetes pada hidung bagian belakang dan jatuh ke tenggorokan bisa menyebabkan terjadinya iritasi dan kemudian memicu terjadinya batuk.
  • Influenza dan Pilek

Saat anda sedang terserang penyakit pilek atau influenza, maka hal ini juga bisa menjadi gejala umum yang kerapkali menyebabkan batuk.
  • Asma

Asma ternyata juga menjadi penyebab batuk. Biasanya asma yang masih ringan bisa memicu terjadinya batuk, sebab adanya peradangan ataupun penyempitan dalam saluran napas. Sehingga ketika anda tidak ingin terkena penyakit asma, anda harus berusaha untuk menghindari iritasi yang bisa menjadi penyebab terjadinya gangguan pernapasan, salah satunya adalah batuk.
  • Lingkungan

Kondisi lingkungan yang semakin kotor dengan barbagai macam polusi seperti debu, asap, asap rokok, dan lain sebagianya juga bisa menjadi penyebab terjadinya batuk.
  • Obat-obatan

Ternyata obat-obatan yang anda konsumsi juga bisa menjadi pemicu terjadinya batuk, disebabkan karena efek samping dari obat yang dihirup seperti kortikosteroid. Penyebab terjadinya batuk juga bisa disebabkan oleh penggunaan betablocker serta penghambat ACE (Angiotensin Converting Enzime) yang pada umumnya adalah resep penyakit jantung.
  • Gastroesophageal reflux

Keadaan batuk seperti ini akan bertambah semakin buruk saat anda sedang berbaring. Hal ini dikarenakan asam lambung yang mengalir ke dalam esophagus. Selain itu, Gastroesophageal reflux ini juga bisa memicu terjadinya penyakit asma yang semakin parah.

Itulah beberapa penyebab batuk yang seringkali kita alami, dan anda harus lebih jeli manakah batuk yang tergolong parah dan manakah batuk yang hanya biasa saja, sehingga anda bisa lebih tepat dalam mengambil sebuah keputusan. 

0 komentar:

Posting Komentar