Efek Samping Kunyit, Adakah? | Herbal Wikipedia
Home » » Efek Samping Kunyit, Adakah?

Efek Samping Kunyit, Adakah?

Kunyit adalah salah satu obat tradisional yang sudah ada sejak zaman dahulu kala dan sering dipakai sebagai obat berbagai macam jenis penyakit. Tanaman kunyit ini memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan manusia. Manfaat yang sangat bergama dari kunyit ini disebabkan karena kandungan zat curcimun yang ada di dalam kunyit. Curcumin ini adalah zat yang memberikan rasa, dan juga warna pada kunyit.
efek samping kunyit, manfaat kunyit, khasiat kunyit, herbal kunyit, rahasia kunyit, tips herbal, tips sehat, kunyit sehat

Beberapa efek kesehatan dari kunyit ini adalah adanya efek anti-inflamasi, antioksidan, serta dapat melindungi dari serangan jantung dan juga stroke dengan cara mengurangi pembekuan darah. Selain itu manfaat kunyit yang lain adalah untuk membantu dalam mencerna lemak dengan cara meningkatkan produksi empedu.

Dengan berbagai macam khasiat kunyit yang dikandungnya tersebut, ternyata kunyit juga memiliki efek samping negatif apabila tidak dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya. Dan ternyata efek samping dari herbal kunyit ini cukup berbahaya. Beberapa efek samping dari herbal kunyit ini adalah:

Gangguan Lambung
Hal ini disebabkan sifat pedas yang dimiliki oleh kunyit. Apabila anda mengkonsumsinya dalam waktu yang cukup lama, bisa menyebabkan terjadinya gangguan lambung. Agar anda terhindar dari efek negatif kunyit ini, maka ketika anda membeli suplemen kunyit, maka pilihlah yang mengandung lapisan enterik yang mana suplemen tersebut akan larut di dalam usus kecil sehingga lambung anda tidak terganggu.

Merangsang Rahim
Herbal kunyit ini sangat terkenal dengan stimulan rahimnya yang bisa menyebabkan terjadinya aliran menstruasi. Apabila anda sedang hamil atau menyusui, maka anda harus berhati-hati ketika hendak mengkonsumsi kunyit, jangan sampai terlalu banyak.

Sulit Diserap Tubuh
Herbal kunyit ini juga memiliki sifat yang cukup sulit untuk bisa diserap oleh tubuh. Sehingga ketika anda hendak membeli suplemen kunyit, lebih baik memilih yang di dalamnya ada piperinnya yang berfungsi sebagai zat aktif, dimana piperin ini akan membantu anda dalam penyerapan kunyit tersebut, sehingga tubuh anda bisa mendapatkan manfaat kunyit dengan lebih maksimal.

Pendarahan
Salah satu fungsi kunyit adalah menghambat penggumpalan dari trombosit, sehingga bisa mencegah terjadinya penggumpalan darah. Namun, ternyata kunyit juga bisa menyebabkan terjadinya pendarahan ketika digunakan dalam dosis yang berlebihan. Agar lebih aman, ketika anda membeli suplemen kunyit, maka belilah produk yang sudah terdaftar dan juga mengandung nutrisi alami untuk memperoleh khasiat yang maksimal. Penting juga bagi anda untuk menghindari penggunaan kunyit, ketika anda sedang memakai obat antikoagulan.

Menurunkan Efek Kemoterapi
Sebuah penelitian mengatakan bahwa kunyit ini memiliki efek samping terhadap kemoterapi. Jadi ketika anda sedang melakukan prosesi kemoterapi, akan lebih baik ketika tidak mengkonsumsi kunyit terlebih dahulu.


Itulah beberapa efek samping berbahaya yang bisa ditimbulkan ketika anda mengkonsumsi kunyit di waktu yang tidak tepat. Salah satu cara yang paling baik untuk memperkecil efek samping kunyit dan memperoleh manfaat dengan maksimal adalah dengan mengkonsumsi kunyit secara alami.

0 komentar:

Poskan Komentar