Mencegah Flu dengan Vitamin, Bisakah? | Herbal Wikipedia
Home » , » Mencegah Flu dengan Vitamin, Bisakah?

Mencegah Flu dengan Vitamin, Bisakah?

Flu adalah penyakit yang seringkali menyerang kita ketika kekebalan tubuh kita sedang melemah. Dan penyakit flu inilah yang membuat aktifitas keseharian kita menjadi terbengkalai, karena kondisi tubuh sedang tidak fit. Lalu bagaimana mengatasinya? Banyak orang mengira, bahwa dengan mengkonsumsi vitamin, baik itu vitamin C atau vitamin D, bisa mencegah dari terserang flu. Namun apakah pernyataan ini benar adanya?

flu, pilek, vitamin c, vitamin d, vitamin, mencegah flu, herbal flu, kekurangan vitamin

Vitamin C dan vitamin D tidak bisa digunakan sebagai obat pencegah flu. Hal ini dinyatakan oleh Dr Manny Alvarez yang merupakan Senior Managing Editor Health News pada FOX News Channel’s. Fakta yang sesungguhnya adalah bahwa vitamin C dan vitamin  D merupakan vitamin esensial yang bisa digunakan untuk memperlambat dari perkembangan infeksi virus. Dengan begitu, artinya vitamin C dan vitamin D tidak memiliki peran sebagai vaksinasi flu.

Lalu, apa peran vitamin C dan vitamin D dalam tubuh manusia?

Peran Vitamin C

Anggapan yang menyatakan bahwa vitamin C bisa mengobati flu muncul ketika tahun 70-an, yang ketika itu dipublikasikan pertama kali oleh Dr Linus Pauling yang merupakan ahli biokimia serta peraih Nobel. Ia mengatakan bahwa vitamin C dengan dosis tinggi bisa mengurangi durasi penyakit flu.

Vitamin C atau disebut juga asam askorbat adalah antioksidan yang cukup penting untuk tubuh yang berfungsi sebagai pertahanan tulang, otot, serta pembuluh darah. Penggunaan dalam dosis tinggi, bisa memberikan efek menurunkan kemampuan virus untuk berkembang biak pada tingkatan sel secara efektif.
Untuk mendapatkan asupan vitamin C, anda bisa mendapatkannya pada beberapa buah dan sayuran, misalnya jeruk. Namun, jangan terlalu overdosis dalam mengkonsumsi vitamin C ini, karena bisa menyebabkan terjadinya batu ginjal, diare, serta mual. Dosis yang dianjurkan untuk konsumsi vitamin C per harinya adalah sebanyak 75 mg bagi wanita dan 90 mg bagi pria.

Peran Vitamin D

Tidak berbeda dengan vitamin C. Sudah sejak lama, vitamin D ini kerapkali dihubungkan dengan bermacam-macam masalah kesehatan, misalanya rakhitis, gangguang kognitif, penyakit jantung, serta kanker.
Vitamin D memiliki peran sebagai kekebalan tubuh manusia. Namun sekali lagi penelitian mengungkapkan bahwa vitamin D tidak bisa memerangi penyakit flu. Untuk mendapatkan asupan vitamin D ini, anda bisa mendapatkannya dari berbagai macam makanan, misalanya telur, ikan, serta produk susu.

Jadi, berdasarkan kesimpulan di atas. Jika anda kekurangan vitamin C dan vitamin D, maka bisa dipastikan kekebalan tubuh anda akan mengalami penurunan, sehingga anda bisa menjadi sangat lemah dan mudah terinfeksi oleh virus.


Lalu, bagaimana ketika anda sedang menderita penyakit flu atau pilek? Tak perlu khawatir karena anda bisa mengobatinya dengan cara sederhana, yaitu dengan mengkonsumsi tehjahe

0 komentar:

Poskan Komentar