Jahe Sebagai Pembunuh Rasa Sakit | Herbal Wikipedia
Home » » Jahe Sebagai Pembunuh Rasa Sakit

Jahe Sebagai Pembunuh Rasa Sakit

Seperti yang diketahui oleh banyak orang, tanaman jahe adalah tanaman yang sudah sangat terkenal dipakai sebagai obat tradisional sejak zaman dahulu kala, bahkan sudah sejak berabad-abad yang lalu. Jahe berfungsi sebagai pembunuh rasa sakit dan juga anti inflamasi.

jahe, khasiat jahe, mafaat jahe, jahe anti nyeri, jahe anti kanker, jahe anti radang, jahe anti inflamasi, kegunaan jahe, herbal jahe, nyeri sendi, peradangan, rasa sakit

Bahkan penelitian yang belum lama dilakukan, menunjukkan bahwa herbal jahe ini mempunyai sifat anti inflamasi yang serupa dengan anti inflamasi Cox-2, yang berarti jahe ini bisa membantu untuk meringankan rasa sakit serta peradangan.

Percobaan untuk mengetahui khasiat jahe yang memiliki fungsi untuk meredakan nyeri serta peradangan dilakukan oleh para ahli pada tahun 2001. Percobaan ini dilakukan selama enam minggu oleh Universitas Miami. Jumlah pasien yang dilibatkan dalam percobaan ini adalah sejumlah 261 orang yang mennderita osteoarthritis lutut. Ternyata, hasilnya menunjukkan bahwa jahe memang sangat berpotensi untuk obat pereda nyeri.

Kemampuan jahe sebagai analgesik juga diujikan oleh para peneliti dari Universitas Georgia dan Georgia College, yang mana mereka juga melakukan percobaan plasebo terkontrol. Pasien yang ikut serta dalam penelitian ini berjumlah 74 orang yang dibagi ke dalam dua kelompok. Kelompok yang pertama mengambil jahe mentah sebanyak dua gram setiap hari dalam kurun waktu 11 hari, sedangkan kelompok kedua juga mengambil jahe sebanyak dua gram, namun jahe yang sudah dimasak.

Ketika memasuki hari ke delapan, maka semua pasien diminta melakukan beberapa kegiatan fisik yang bisa merangsang rasa sakit. Pasien divaluasi terkait intensitas rasa nyeri serta terjadinya inflamasi pada masing-masing pasien sebelum dan juga setelah kegiatan fisik tersebut. Dan ternyata hasilnya menunjukkan bahwa mereka mengalami penurunan rasa nyeri dan juga inflamasi sebesar 25%.

Dengan adanya penelitian ini, maka semakin menegaskan tanpa sebuah keraguan lagi bahwa memang jahe sangat berkhasiat sebagai pembunuh rasa sakit.

Tentunya hal ini akan sangat berguna bagi para atlet olah raga untuk menunjang keberhasilan prestasi mereka. Sebab jika terjadi pengurangan rasa sakit, maka para atlit tersebut bisa memaksimalkan potensi mereka saat bertanding.


Khasiat jahe sungguh luar biasa. Ini adalah rempah-rempah yang sangat berharga yang memiliki khasiat yang sangat banyak. Manfaatnya jahe tidak hanya sebagai anti radang dan pereda nyeri, namun juga sebagai anti kanker, anti Alzheimer, dan juga bisa untuk melindungi jantung anda. 

0 komentar:

Poskan Komentar