Benarkah Wanita Hamil Tak Boleh Konsumsi Jahe? | Herbal Wikipedia
Home » » Benarkah Wanita Hamil Tak Boleh Konsumsi Jahe?

Benarkah Wanita Hamil Tak Boleh Konsumsi Jahe?

Benarkah wanita hamil tak boleh konsumsi jahe? Ini adalah sebuah pertanyaan yang seringkali muncul ketika ada seorang wanita yang sedang hamil. Padahal seperti yang kita tahu, bahwa dengan berbagai macam kandungan zat yang ada di dalam jahe, tanaman herbal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah untuk mengurangi mual dan juga muntah akibat dari gejala morning sickness yang kerap kali dialami oleh wanita hamil. Untuk mengetahui pernyataan di atas apakah benar ataukah salah, simak saja tulisan artikel ini.

wanta hamil, konsumsi jahe, wanita hamil dan jahe, wanita hamil konsusmsi jahe, jahe atasi mual dan muntah, morning sickness, khasiat jahe, manfaat jahe

Jahe adalah tanaman herbal tradisional yang memiliki banyak sekali khasiat. Selain dapat membantu dalam mengurangi rasa mual dan juga muntah, jahe ini juga mempunyai kemampuan untuk membuat perut anda lebih tenang, melancarkan pencernaan, menobati migrain atau sakit kepala, dan bisa juga digunakan untuk obatampuh meredakan pilek atau flu.

Sebuah penelitian pernah dilakukan di sebuah universitas Thailand bernama Chiang Mai. Mereka melakukan studi double-blind selama empat hari terkait efek yang ditimbulkan jahe terhadap segala hal yang ada hubungannya dengan muntah serta kehamilan. Penelitian ini melibatkan sekitar 57 wanita hamil. Dari hasil penelitian tersebut, diperoleh sebuah hasil yang menunjukkan bahwa 88% wanita hamil yang menkonsumsi jahe, merasakan penurunan intensitas terjasinya gejala mual dan juga muntah-muntah.

Dari hasil penelitian yang dilakukan ini, maka ada sebuah temuan hal yang positif dalam hal penggunaan jahe untuk alternatif OTC atau over the counter atau obat pencegah terjadinya rasa mual dan mentah akibat gejala yang ditimbulkan morning sickness bagi para wanita hamil. Dalam penelitian ini juga disebutkan, bahwa penggunaan jahe dalam jangka pendek masih bisa tergolong kategori aman untuk masa kehamilan.

Maka dari itu, wanita hamil masih diperbolehkan untuk mengkonsumsi jahe dalam jangka pendek selama masa kehamilan. Dengan hasil penelitian yang menunjukkan 88%, memang konsumsi jahe tidak menimbulkan masalah bagi wanita hamil, tetapi bukan berarti mengkonsumsi jahe selama masa kehamilan adalah hal yang aman. Sebagian besar dokter tetap menganjurkan agar anda yang sedang hamil atau menyususi tidak terlalu banyak mengkonsumsi jahe selama empat hari atau lebih dengan berturut-turut, serta konsumsi jahe yang dianjurkan adalah antara 3-5 gram untuk sehari penggunaan.

Itulah sedikit penjelasan yang bisa menjadi kesimpulan bahwa wanita hamil tak boleh mengkonsumsi jahe adalah tidak benar, dan ketika anda mengkonsusmi terlalu banyak juga tidak dibenarkan pula. Jadi dengan begitu, anda bisa mengambil kesimpulan bahwa menggunakan dosis yang tepat dan tak berlebihan adalah sebuah pilihan yang benar dan tepat. 

0 komentar:

Poskan Komentar